Cerpen Tentang Pengalaman Hidup yang mengandung Nilai Sosial

             Pengalaman Hidup
                                           Penulis : MDA
 Pada saat hari libur sekolah saya berpergian ke Medan dan disana saya menginap di rumah saudara. perjalanan tempuh menuju titik tujuan sekitar 1 jam selama di perjalanan saya merasakan perasaan yang berbeda ditempat yang berbeda pula, kadang saya merasakan kenyamanan, ketenangan, dan kedamaian disuatu daerah dan Kadang juga saya merasakan ketidaknyamanan, ketidaktentraman, dll di suatu daerah pula. Ketika di tengah perjalanan saya berhenti sejenak untuk beristirahat, dikarenakan cuaca hujan yang tak memungkinkan untuk lanjut berjalan. Di saat itu pula saya melihat seseorang anak sedang mengutip sampah, saya pun terkejut dan kagum sungguh mulianya dirinya untuk membersihkan jalanan dari sampah, akan tetapi... orang-orang disekitar dan yang melintas pun kurang kesadaran atas kebersihan. Saya melihat ada seorang pengendara, begitu enaknya membuang sampah sembarang tanpa ada rasa bersalah, dan seorang anak tersebut mengutip sampahnya. Saya pun kagum melihat dirinya, dan saya mengatakan didalam hati " semoga sehat selalu dek. Amiin". Hujan pun telah redah dan perjalanan kembali dilanjutkan. Tak lama kemudian saya pun sampai ke titik tujuan. disana saya berjumpa teman-teman saya, dan kami pun bermain. Saya pun dan teman saya bermain ke lapangan sepak bola untuk bermain bola. Pada permainan itu saya dan teman saya ditantang oleh oranglain yang tidak lain adalah orang kampung sebelah,. Permainan pun dimulai, dan kami unggul 2-0 atas mereka. namun, ntah apa yang dipikiran mereka, mereka mulai bermain curang. Tetapi saya dan teman tak membalas kecurangannya, tetapi mereka sudah kelewatan, sampai sampai teman saya(rzky) mengalami sakit kaki hingga berwarna kebiruan dan bengkak,dan teman saya(ridho) pun terpancing emosinya dan disaat itulah terjadi perkelahian. Saya san teman lainnya mencoba memisahkan sih ridho dari perkelahian. Dan ketika perkelahian berhasil dihentikan, kami pun memutuskan untuk kembali pulang agar tak ada terjadinya keributan lagi.  

Nilai Sosial
Nilai Sosial adalah  nilai yang dapat diambil kebaikan atau keburukan yang terjadi dalam sebuah  teks/cerita.
Nilai sosial dalam Cerpen :
1. Seorang anak yang mengutip sampah demi kebersihan jalanan,
2. Seorang pengendara yang membuang sampah sembarangan,
3.  Tidak melakukan kecurangan, dan
4. Memisahkan teman dari perkelahian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

dimas azmi

Cerpen tentang Covid-19